by

Australia Menang, Timnas Indonesia U-16 Gagal ke Piala Dunia

Timnas Indonesia U-16 bertemu Australia U-16 pada babak perempat final Piala AFC U-16 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia pada Senin (1/10) petang. Indonesia perlu mengakui keistimewaan Australia bersama skor 3-2.

Timnas Indonesia U-16 berjuang keras pada laga ini. Sejak awal laga Garuda Asia melakukan pressing ketat. Taktik ini berlangsung mulus di babak pertama dan menyebabkan Indonesia unggul 1-0. Tapi, petaka untuk pasukan Fakhri Husaini datang di babak kedua.

Australia bisa bangkit di babak ke dua dan memenangkan laga bersama skor 3-2. Dengan hasil ini, maka permohonan Timnas Indonesia U-16 untuk bisa bermain di Piala Dunia U-17 2019 di Peru dipastikan urung terjadi.

Di bawah ini adalah laporan jalannya pertandingan selengkapnya

Babak Pertama
Timnas Indonesia U-16 dikejutkan oleh kesempatan pertama Australia cuma dua menit setelah wasit Kim Woosung meniup peluit kick off laga. Beruntung sepakan Luke Duzel cuma menerpa tiang gawang Indonesia.

Duzel lagi mendapat kesempatan pada menit ke-10. Kali ini, dia tinggal berhadapan bersama penjaga gawang Ernando Ari. Nando pun bersama cekatan bisa menyelamatkan gawangnya.

Indonesia mendapat kesempatan emas pertama pada menit ke-15. Sutan Zico melewatkan tendangan keras berasal dari luar kotak penalti. Tapi, sepakan Zico tetap bisa diblok oleh Adam Pavlesic. Indonesia cuma mendapat sepak pojok.

Zico pada akhirnya membobol gawang Australia dua menit berselang. Memanfaatkan kekeliruan pemain belakang Australia, Zico tanpa ampun membobol gawang Australia. Indonesia unggul 1-0 atas Australia.

Setelah itu, Australia bermain agresif untuk bisa menyamakan skor. Birkan Kirdar melewatkan tendangan keras pada menit ke-25 tetapi tetap melenceng. Sementara, bisnis Lambiris tetap ditahan oleh Nando pada menit ke-39.

Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai. Meskipun Andre Oktaviansyah bisa kesempatan emas di menit ke-44. Sepakan Andre diblok oleh Pavlesic, bola muntah gagal disambar bersama baik oleh Supriadi.

Babak Kedua
Indonesia mendapat kesempatan berasal dari David Maulana di menit ke-48. Tapi, Australia yang mencetak gol dua menit berselang. Dari skema free kick, Daniel Walsh yang tidak terkawal menyundul bola untuk membobol gawang Nando. Skor jadi 1-1.

Indonesia langsung merespon, tetapi kesempatan Supriadi pada menit ke-53 tetap bisa diblok pemain belakang Australia. Di sisi lain, Australia memadai sabar saat memulai serangan bersama memainkan umpan-umpan pendek berasal dari belakang.

Setelah kesempatan pada menit ke-62 menerpa tiang gawang, Australia pada akhirnya amat unggul pada menit ke-65. Adam Leombruno membawa Joeys, julukan Australia U-16, unggul bersama skor 2-1.

Australia unggul jadi jauh pada menit ke-74. Menerima umpan terobosan, Noah Botic lebih pernah mengecoh Fadillah Nur sebelum akan melewatkan tendangan ke sisi kiri gawang Nando. Joeys unggul 3-1 dan jadi menguasai permainan.

Fakhri Husaini memasukkan Rendy Juliansyah mengambil alih Supriadi yang beberapa kali mendapat perawatan. Rendy mencetak gol pada menit ke-89. Tapi, pada saat tersisa, tak ada gol yang terjadi. Indonesia kalah bersama skor 3-2 berasal dari Australia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed