by

15 klub di liga Inggris Italia menghadapi juventus, ada apa?

Sebanyak 15 klub yang berpartisipasi di Liga Italia setuju untuk bergabung melawan Juventus. Perlawanan itu dilakukan untuk menggagalkan proposal yang disajikan oleh Nyonya Tua mengenai perubahan format Liga Champions.

Berdasarkan kebocoran merek, format Liga Champions yang baru tidak akan mengurangi jumlah peserta di babak grup, yaitu 32 klub. Perbedaannya adalah bahwa hingga 32 klub akan dibagi menjadi empat kelompok yang akan berisi delapan tim.

Empat tim terbaik lolos ke 16 besar, sementara empat tim yang lebih rendah secara otomatis diturunkan ke Liga Eropa. Tim-tim yang berada di peringkat keenam dan ketujuh dari masing-masing kelompok akan memainkan pertandingan playoff untuk menghindari degradasi. Klub yang kalah di babak playoff juga akan pergi ke Liga Eropa sehingga ada total delapan tim terdegradasi.

Pada hari Senin, 10 Juni 2019, waktu setempat, 15 klub menandatangani resolusi untuk membentuk suara mayoritas. Klub berjanji untuk mendukung liga Eropa lainnya untuk menentang gagasan Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) dan Asosiasi Klub Eropa (ECA).

Menurut 15 klub, ide memperkenalkan promosi dan degradasi di Liga Champions dari 2024 dianggap mengurangi pendapatan klub di kasta atas liga Italia menjadi 35%. Namun, perlawanan terhambat oleh Juventus, di mana presiden Andrea Agnelli juga menjabat sebagai presiden ECA dan mendukung format baru Liga Champions.

Ya, suara 20 klub di liga Italia terbagi. Empat klub, yaitu Inter, AC Milan, Fiorentina dan AS Roma memutuskan untuk abstain. Presiden Lega Serie A (operator Liga Italia), Gaetano Micciche, sebenarnya menyerang presiden UEFA Aleksandar Ceferin, yang dianggap tidak mengkomunikasikan format baru.

“Jika visi pada akhirnya benar untuk melindungi sepak bola Eropa, itu masih salah dalam hal metode dan komunikasi,” kata Gaetano Micciche, yang mengutip Football Italia, Selasa (6/11/2019).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed